Lelahnya Menyebrangi Teluk Balikpapan

Pernah naik ferry dari Balikpapan ke Penajam atau sebaliknya? Mungkin bagi yang sudah pernah akan mengelus-elus dada. Bayangkan saja perjalanan menyebrangi teluk yang seharusnya hanya dalam waktu 30-45 menit namun antrinya bisa sampai 3-5 jam apabila menggunakan kendaraan pribadi. Terjadi tidak hanya hari-hari libur namun juga hari-hari kerja biasa. Menurut saya seharusnya pemerintah daerah Balikpapan, Penajam Paser utara, dan Pemprov Kaltim segera menyelesaikan masalah ini. Terutama untuk jangka pendek. So, lupakan soal jembatan dulu. Benahi yang ada sekarang.

Kalau saya amati pelabuhan ferry di Kariangau-Balikpapan seharusnya bisa menampung 2 atau 3 dermaga untuk kapal ferry. Namun, kenyataannya yang bisa beroperasi hanya satu dermaga saja. Sangat jauh tidak seimbang antara kendaraan yang masuk dengan armada dan infrastruktur yang ada. Ini tugas Anda wahai para pemegang kekuasaan di wilayah ini. Saya menagih Anda.

Begitu juga dengan pelabuhan ferry di daerah Penajam. Antrian kendaraan menunggu dimuatnya ke dalam ferry menjadi pemandangan biasa. Uniknya antrian bisa sampai ruas-ruas jalan kota kecamatan Penajam. Pernah saya antri jam 11 malam dan baru naik jam 3 pagi. Padahal itu hari biasa bukan hari libur. Sungguh mengenaskan. Oiya, saran saya jangan lupa bawa cemilan dan minum agar tidak bosan menunggu.

Mudah-mudahan pembangunan dermaga baru oleh pemerintah yang katanya menghabisakan dana 30 miliar Rupiah segera diselesaikan sehingga memperlancar perekonomian penduduk dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya termasuk saya yang rakyat jelata.

One thought on “Lelahnya Menyebrangi Teluk Balikpapan

  1. Kapal yang digunakan oleh Superferry Hawaii adalah aluminium-dikuliti catamaran dengan drive-on / drive-off kemampuan kendaraan atau pelayanan feri cepat. Perangkat ini dirancang dan dibangun di Amerika Serikat oleh Austal Amerika Serikat, sebuah divisi dari Australia berbasis Austal pembuat kapal. Kapal ini didukung oleh mesin-mesin MTU Friedrichshafen menggunakan propulsi jet air yang klaim perusahaan akan meminimalkan dampak mamalia laut, tetapi lawan-lawan sengketa pernyataan ini. Hal ini mampu mengangkut hingga 866 penumpang dan 282 mobil subkompak ( pada bagian dek kapal bisa disesuaikan sesuai kebutuhan angkut ). Mesinya adalah 4 mesin jet dengan kekuatan 1.100 tenaga kuda, jadi membutuhkan 4.400 tenaga kuda, sedangkan jet hanya perlu ratusan tenaga kuda. Untuk membuat kapal ini nyaman dan tidak bergoyang ketika ada ombak, di bawah kapal ini dipasang sayap kecil agar menahan ombak. Dan bisa membelok 160 derajat dalam waktu 5-7detik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s