Aku dan Buku

Membaca buku sudah menjadi kebiasaanku dari kecil. Buku apa saja aku lahap walau terkadang aku sendiri kesulitan memahaminya. Wajar lah emang dari dulu emang agak lemot dalam memahami sesuatu. Mengoleksi buku sudah jadi hobi, bahkan mungkin ada beberapa buku yang hingga saat ini masih terbungkus dan belum terbaca. Kebiasaan buruk sih. Namun, dapat dipastikan paling tidak tiap seminggu harus menghabiskan satu buah buku untuk dilahap.

Membaca buku menurutku lebih menarik daripada membaca di internet atau lewat komputer. Buku bisa dibawa kemana-mana, tanpa takut nanti terinjak atau terbanting. Tiap dalam perjalanan pastilah aku selalu mebawa 1 atau 2 buah buku untuk dibaca diperjalanan. Yah, sambil mengisi kekosongan atau daripada bengong. Kebiasaan lain adalah aku sangat sering berkunjung ke toko buku walau terkadang cuma baca gratis, karena alasan dana.. hehehe..

Hobi membaca ini membuat kamarku penuh dengan buku-buku yang sepertinya cukup untuk dibuat perpustakaan mini. Mungkin ada sekitar 200an buku yang ada di beberapa tempat. Di Bandung paling banyak, karena dititipkan ke teman dulu sebanyak 4-5 kardus buku. Di Balikpapan mungkin ada sekitar 20 buah buku, lalu di Nganjuk ada 10-an buku, ditambah saat ini di Jakarta ada sekitar 8 buah buku baru. Belum lagi nantinya ditambah koleksi buku istri saya. Wuih jadi deh perpustakaan.

Masalah jenis bacaan saya suka apa saja baik buku agama, biografi, pemikiran, novel, sastra, parenting, dll semua ada. Jangan kaget ada sedikit cerita mengenai toko buku di bandung yang sempat saya jelajahi. Di jakarta pun saya juga sempat mampir ke beberapa toko buku. Dan aku terkadang tidak banyak berpikir menghabiskan uang untuk membeli buku dalam sekali belanja. Pernah malah sampai 500ribu. Tapi kalau sekarang agak dikurangi karena mesti hemat soalnya banyak tanggungan.

Membaca itu bisa membuat pikiran kita lebih terbuka, lebih berwawasan, dan tentu saja akan lebih tampak intelek. So, budaya membaca memang harus dibiasakan sejak dini. Mudah-mudahan nanti keluarga kecilku bisa menjadi keluarga yang mencintai ilmu dan buku.

One thought on “Aku dan Buku

Leave a Reply

