Wisata Buku di Bandung Yuk!!!

Tidak lengkap rasanya apabila di Bandung tanpa berkunjung ke toko-toko buku. Banyak alternatif toko buku yang bisa kita kunjungi. Masing-masing toko buku ini memiliki ciri masing-masing. Ada toko buku diskon dengan diskon-diskon menarik, toko buku Islam, dan lain-lain.  Disini saya hanya menjelaskan beberapa toko buku umum yang pernah saya kunjungi, walaupun sebenarnya masih banyak toko buku lain. Mungkin kawan-kawan bisa menambahkan.

Toko Buku Diskon Togamas (http://www.togamas.co.id/)
Jl. Supratman No.45 (berseberangan dengan Natasha Skin Care, dekat Masjid PUSDAI).
Toko Buku Diskon Togamas sudah cukup dikenal doleh masyarakat Bandung. Toko buku ini cukup lengkap dan memiliki pelanggan yang menurut saya cukup loyal. Pengaturan buku-bukunyanya juga cukup rapi, dibagi dari kumpulan buku komputer dan agama yang masing-masing memiliki ruangan tersendiri, majalah-majalah yang cukup lengkap, komik-komik, novel, buku-buku pelajaran, motivasi, textbook, dan alat-alat tulis kantor, dll. Diskon yang ditawarkan oleh Togamas juga cukup menarik, minimal diskon 15%, bahkan di waktu-waktu tertentu (misal awal masuk sekolah atau kuliah) diskon bisa sampai 30 atau 40%. Selain itu juga gratis penyampulan plastik.

Togamas 1 (Daerah Jl Supratman)

Ruang Dalam Togamas 1 (3)

Ruang Dalam Togamas 1 (4)

 

Gramedia Bookstore (http://www.gramedia.com/)
Jl. Merdeka No. 43, Bandung 40117 (berseberangan dengan BIP).
Siapa yang tidak kenal Gramedia?? Toko buku yang memiliki jaringan bisa dikatakan terbesar di indonesia ini memiliki koleksi buku yang cukup lengkap. Tempat yang cukup strategis di daerah Jalan Merdeka, Dago. Terdisi dari 4 lantai, lantai pertama terdapat perlengkapan-perlengkapan musik, dan sebagian koleksi buku-buku lama dengan harga miring, tas-tas, VCD dan DVD, foodcourt, dll. Lantai 2 diisi peralatatan tulis kantor dan buku-buku agama, lantai 3 diisi koleksi buku-buku umum(komputer, kesehatan, manajemen, dll), lantai sisanya diisi koleksi buku-buku Novel dan buku-buku sekolah.

Gramedia Merdeka

Ruang Dalam Gramedia Merdeka Lantai Dasar

Ruang Dalam Gramedia Merdeka Lantai 1

Ruang Dalam Gramedia Merdeka Lantai 2

Toko Buku Gunung Agung (http://www.tokogunungagung.co.id/)
Jl.Merdeka No.56 (Bandung Indah Plaza lt. 3).
Sama seperti Gramedia, Toko Buku Gunung Agung biasanya berada ditempat yang strategis terutama di Mal-mal besar. Koleksi buku yang dimiliki juga cukup lengkap. Bagi yang suka jalan-jalan ke mal di Bandung, toko buku Gunung Agung bisa menjadi tempat berwisata buku yang tidak kalah menariknya.

Toko Buku Gunung Agung BIP

Toko Buku Gunung Agung BIP (ruangan dalam 1)

Toko Buku Gunung Agung BIP (ruangan dalam 2)

Jl. Cihampelas No.160 (Cihampelas Walk).
Letaknya yang strategis di wilayah perdagangan Cihampelas namun tidak seluas di Gunung Agung BIP.

Toko Buku Gunung Agung Cihampelas Walk

Toko Buku Elvira
Jl. H. Juanda 10, Kel. Citarum – Kec. Bandung Wetan, Bandung
Toko Buku Elvira terletak dekat kampus UNPAD Dago. Memiliki koleksi buku textbook kuliahan yang cukup lengkap walaupun dari segi luas ruangan tidak seluas toko-toko buku lainnya. Untuk buku-buku umum disini belum begitu lengkap, namun cukup lumayan sebagai tempat berburu buku bagi para penghobi buku.

Toko Buku Elvira

Rumah Buku
Jl. Supratman No.96 (Dekat dengan kompleks Masjid PUSDAI).
Rumah buku baru saja dibuka dan menerapkan konsep toko buku diskon seperti Togamas. Letaknya yang cukup dekat dengan Togamas mengisyaratkan percobaan untuk merebut pasar konsumen yang senang dengan buku-buku diskon. koleksinya lumayan banyak dan diskon yang ditawarkan juga menarik bahkan cukup bersaing.

Rumah Buku

Ruang Dalam Rumah Buku (1)

Ruang Dalam Rumah Buku

Ruang Dalam Rumah Buku (2)

Ruang Dalam Rumah Buku (3)

Bandung Book Centre (BBC) (http://bbc.web.id/)
Jln Palasari, No. 119, Bandung.
Bukan orang Bandung kalau tidak tahu Palasari. Pusat perdagangan buku ini merupakan salah satu yang terlengkap di Indonesia. Dulu bahkan pernah menjadi pasar buku terlengkap di Asia Tenggara. Jangan heran disini kita bisa mendapatkan buku-buku langka dan buku-buku yang jarang ditemukan di toko buku lain. Harga disni cukup murah namun juga harus pandai-pandai menawar. Disini pula juga terdapat toko buku BBC yang memiliki jaringan yang cukup besar di Jawa Barat dan Sumatera bagian Selatan. Sama seperti toko buku Diskon lainnya, BBC menawarkan diskon yang lumayan besar, belum lagi ada layanan penyampulan buku gratis. hanya saja pengaturan buku-bukunya kurang baik, sehingga agak sulit mencari buku yang diinginkan.

Bandung Book Centre Palasari

BBC Palasari (lantai 2)

BBC Palasari (ruang dalam lantai 1)

Jln. PHH Musthopa No. 7 (Jl. Suci), Sebelah Giant dan ITENAS Bandung.
Toko buku yang merupakan cabang dari BBC palasari ini memiliki koleksi buku yang cukup lengkap dari buku komputer, textbook, pertanian, sastra, dll. Penempatan buku-bukunya juga cukup rapi. Termasuk gratis penyampulan buku bagi buku yang harganya diatas Rp. 20.000,-. Selain buku, BBC Palasari juga menyediakan perlengakapan dan alat tulis kantor.

BBC Suci

BBC Suci (ruangan dalam 1)

BBC Suci (ruangan dalam 2)

24 thoughts on “Wisata Buku di Bandung Yuk!!!

  1. thx infonya…untuk saat ini, sy msh ttp suka ama rumah buku, soalny diskonnya g kira2…jauh lah dbandingin gramed, mskipun buku yg dbeli trbitan gramed
    klu togamas gtw deh ngerasa kurang greget aj, mending lngsng k gramed skalian, hehe just my opinion
    tp klu bwt buku sekolah anak smp atw sma, palasari rajanya, soalny klu qt pnter nawar, harga turun jauuuh bgt

    salam knal
    🙂

    • sip.. thx juga sharingnya..
      yup, masing-masing toko buku punya kelebihan baik dari diskon, kenyamanan sampai masalah pelayannanya.. kalau saya mah semua toko buku dicoba, yang penting buku yang dicari bisa diperoleh..
      salam kenal juga..

  2. Pingback: Wisata Buku di Bandung Yuk!!! | Warung Firmanjul (Serba Ada)

  3. Pingback: Inilah 10 Toko Buku Yang Dapat Ditemui di Bandung - 4muda.com

Leave a comment