Site Acceptance Test dan Commissioning

Awal tahun dan pertengahan tahun 2014 merupakan hari-hari yang cukup sibuk dikarenakan pekerjaan sudah memasuki tahap puncak yaitu proses SAT (Site Acceptance Test) dan Commissioning. Pekerjaan tersebut cukup melelahkan dan menyita waktu, apalagi proyek yang berjalan hampir bersamaan (penulis melakukan hampir 3-4 proyek sekaligus).

Nah, mungkin banyak dari kita tidak tahu apa sih istilah SAT dan commissioning itu. Saya akan berusaha sedikit menjelaskan. SAT adalah pengujian performa on site /dilokasi untuk memastikan peralatan/aplikasi berfungsi sesuai yang diinginkan user. Pada intinya SAT adalah pengujian yang dilakukan dilokasi pengguna, setelah peralatan/aplikasi dikirim sebelum dilakukan instalasi. Commissioning merupakan serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengujian instalasi yang telah selesai dikerjakan dan hendak akan dioperasikan. Dengan hasil pemeriksaan dan pengujian yang baik, maka diyakini bahwa instalasi listrik aman pada saat dioperasikan.

Perusahaan-perusahaan besar pasti melakukan tahap-tahap tersebut karena merupakan syarat mutlak. Apabila tidak dilaksanakan maka dapat dipastikan keamanan fasilitas yang baru dipasang tersebut tidak menjamin aman.

Setelah melihat dan mengamati pekerjaan tersebut, saya jadi tertarik dengan pekerjaan commissioning. Kapan-kapan kita bahas mengenai commissioning engineer. Karena setahu saya para Commissioning Engineer duitnya deras.. $$$$..

3 thoughts on “Site Acceptance Test dan Commissioning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s