“V For Vendetta” Sebuah Komik Perlawanan

Sebuah buku komik serius berjudul “V for Vendetta” karya Alan Moore dan David Llyod cukup menarik bagi saya setelah membacanya. Menceritakan tentang seorang teroris berinisial V yang selalu dikejar-kejar oleh pemerintahan tirani “Fasis Inggris”. Ah, mungkin anda bisa saja tidak setuju bila V ditempatkan sebagai teroris, semua tergantung sudut pandang kita.

Negara Inggris di suatu masa dikuasai oleh kaum Fasis setelah negara itu mengalami bencana besar, mereka membuat peraturan yang sangat mengikat masyarakat Inggris. Bahkan hidup mereka selalu diawasi oleh “takdir” pemerintahan fasis ini. Kaum-kaum minoritas (kulit hitam dan campuran, homoseksual, lesbian) telah dibantai dan dibersihkan dari tanah Inggris, mirip sekali dengan kisah Nazi Jerman.

V merupakan sebuah simbol perlawanan terhadap pemerintahan tirani, ia menghabisi semua orang-orang yang pernah menyiksa dirinya di kamp Larkhill. Orang-orang yang terlibat di kamp ini ternyata banyak yang menjadi orang berpengaruh di pemerintahan. Mungkin kita akan merasa di awalnya kok hanya seperti balas dendam biasa saja, namun dibalik itu semua ternyata usaha V untuk membuat masyarakat Inggris berani melawan ketidakadilan akan membuat kita berpikir ulang bahwa apa yang dilakukan V adalah sebuah usaha revolusi.

Walau pun akhirnya V tiada, tapi idenya tidak akan mati dan simbol perlawanan akan terus ada. Selama tirani menguasai suatu tatanan, maka pasti akan ada penandingnya walau pun masih dalam bentuk embrio. Mungkin saja di negeri kita yang walau tidak ada tirani seperti di komik ini namun bila ketidakadilan tetap menggerogoti negeri ini maka niscaya perlawanan akan muncul dan kita menunggu bangunnya “people power”.

9 thoughts on ““V For Vendetta” Sebuah Komik Perlawanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s