Potensi Kepahlawanan

Pahlawan adalah orang-orang yang memiliki keberanian untuk bertindak benar dan berusaha memberikan potensi terbaiknya untuk sesuatu yang diyakininya. Setiap dari kita memiliki potensi itu. Namun kembali lagi, menjadi pahlawan itu juga pilihan dan penuh dengan konsekuensinya.

Sepertinya kita perlu mengingat sejarah orang-orang besar terdahulu yang telah memberikan sumbangsihnya untuk bangsa ini. Kita bisa melihat bagaimana Panglima Sudirman menjadi pahlawan walau pun beliu dalam keadaan sakit saat melawan penjajah di Perang Ambarawa, belum lagi Bung Tomo dengan semangat pidatonya yang membara serta hentakan Takbir yang mampu menyemangati arek-arek Suroboyo. Bagaimana duo Soekarno-Hatta dalam memperjuangkan kedaulatan Indonesia di mata dunia.

Nabi Muhammad adalah seorang pahlawan sejati. Dengan segala potensinya Beliau mampu mencerahkan dan mampu membangun peradaban ummat. Tentu saja melalui pengorbanan yang tidak mudah. Diancam dibunuh, dikucilkan, dicaci, itulah konsekuensinya saat Beliau melakukan ritual kepahlawanannya yang agung. Para sahabat pun selalu menunjukkan segala sikap kepahlawanan dan integritas yang tinggi dalam kehidupannya.

Ah, mungkin terlalu tinggi kita melihatnya. Kita coba lebih dekat lagi dengan kenyataan saat ini. Pahlawan-pahlawan itu tidak harus dalam bentuk perjuangan peperangan. Di dunia komtemporer saat ini, dalam memberikan pelayanan, seorang PNS, Polisi, maupun pejabat pemerintahan bisa menjadi pahlawan dengan memanfaatkan segenap potensi kemampuan dan kedudukannya. Tanpa harus bertindak curang dengan KKN yang melanda institusi tersebut. Karena saat ini penjajahan terbesar di institusi tersebut adalah sikap KKN itu.

Bagaimana dengan kita? Sebuah pertanyaan yang cukup menantang. Apa yang bisa kita lakukan saat ini bukan hanya mengingat kebesaran para pahlawan, tapi harus dengan karya nyata. Sekali lagi dengan segala potensi yang kita miliki. Apabila Anda seorang dokter maka merawat dan membantu menyembuhkan orang lain sepenuh hati adalah bentuk kepahlawanan. Jika Anda seorang guru, maka ingatlah kisah-kisah keikhlasan Bu Mus dalam Laskar Pelangi yang dengan segala keterbatasan mampu melipatgandakan potensi murid-muridnya. Bila Anda seorang entrepreneur yakinlah bahwa Anda juga seorang pahlawan, dengan memberikan pelayanan terbaik serta menciptakan lapangan pekerjaan yang mampu mengurangi besarnya pengangguran di Indonesia. Dan banyak lagi yang bisa kita lakukan.

Mari bangunkan potensi kepahlawanan dalam diri kita!

Aan Setiawan
Alumni SMA 2 Nganjuk
Mahasiswa ITB
majalahgemilang.wordpress.com

4 thoughts on “Potensi Kepahlawanan

  1. Hi Aan…
    Salam kenal dulu yawh, saya sering main ke ITB, mungkin nanti kita bisa kopdar yawh he he he…

    Yups..betul sekali, menjadi Pahlawan di Zaman sekarang adalah dengan memaksimalkan daya potensi diri kita masing-masing dan tentu saja tidak melanjutkan kebiasaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme sehingga negeri ini aman, sentosa, damai dan Sejahtera,,,,🙂

    Salam semangat selalu dari Mahasiswa STKS Bandung asal Bojonegoro…

  2. Aslm…..
    kliatan banget smpyn hobby jalan keliling Bandung, it’s ok sapa teu bisa jd guides:)
    he…ntar if ta ke Bandung kan dach da kamus berjalanna🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s