Serunya Project Wireless PLC

 

Radiolinx dari Prosoft Technology

Sepertinya sudah lama tidak menulis di blog ini. Banyak hal yang terlewati dan belum sempat tertuang dalam tulisan. OK, kali ini saya akan sedikit bercerita salah satu project yang sedang dikerjakan walau pun belum selesai. Sebelumnya saya sedikit bercerita mengenai simulasinya dulu sebelum dicoba dilapangan.

Kali ini PLC yang saya gunakan adalah ControlLogix, kemudian Remote saya gunakan Flex I/O keduanya dari Allen Bradley. Untuk peralatan wirelss yang saya gunakan adalah Radiolinx sebanyak 3 buah (1 sebagai Master, 2 sebagai repeater, dan 3 sebagai Client-nya) dan 3 buah antenna dari Prosoft Technology. Sebenarnya mirip wireless hub biasa namun kelebihannya adalah di keamanan (security) data dan sangat baik digunakan di industrial karena bahannya yang kuat untuk berbagai kondisi. Hasilnya dari pengetesan tersebut kami berhasil mengirimkan data input dari ControlLogix ke output di Remote (Flex I/O).

Setelah mencoba simulasi, kami juga coba dengan tes dilapangan seperti gambar dibawah. Kita semua tahu bahwa di Jakarta banyak sekali gedung-gedung tinggi sehingga dapat menghalangi pengiriman sinyal oleh radio wireless tersebut, sehingga dipasang juga repeater-nya. Sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pemasangan wireless oleh kawan-kawan IT. Adapun total jarak sebenarny sekitar 2-3 Km, karena terhalang gedung maka total bisa menjadi 4-5 Km.

wireless PLC

Denah Pemasangan Wirelss for PLC

 

 

 

 

3 thoughts on “Serunya Project Wireless PLC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s