Menggunakan RSLogix 5000, RSLinx, dan RSLogix 5000 Emulate untuk Simulasi Program

Saat menggunakan software RSLogix5000 terkadang kita harus menggunakan media hardware PLC untuk mengetes program tersebut bisa berjalan dengan baik atau tidak. Namun, sebenarnya ada cara lain untuk mencoba program yang telah kita buat yaitu dengan memanfaatkan RSLogix 5000 Emulate.
Nah, bagaimanakah caranya? Mari kita praktekkan bersama.

1.    Bukalah software RSLinx, klik menu Communications > Configure Drivers… , kemudian klik tanda pada Available Data Types, lalu pilih Virtual Bckplane (Softlogix58xx, USB), dan klik Add New…


2.    Selanjutnya akan muncul pilihan penamaan driver (saya pilih default dari program), klik OK, kemudian slot numbernya (disini saya pilih 0). Maka akan muncul status running jika berhasil.
3.    Kemudian buka program RSLogix 5000 Emulate, klik menu Slot, lalu pilih Create Module, kemudian pilih Emulator RSLogix Emulate 5000 Controller dan cari slot kosong (misal Slot 2 di saya), lalu klik OK.
4.    Nantinya akan muncul pilihan General, klik next saja dan kemudian finish.

5.    Terakhir program yang kita buka adalah RSLogix 5000, cukup buka saja progranya dan nantinya kita buat program sederhana sebagai contoh.
6.    New Project, maka akan muncul permintaan New Controller, pilih saja Emulator, lalu beri nama, dan sesuaikan Controller (Emulator) seperti pada RSLogix Emulate (di contoh saya gunakan slot 2).
7.    Sebelum membuat program kita buat dahulu I/O Configuration, klik kanan I/O Configuration pilih Digital, dan cari yang 1756-IB16D (contoh saja), beri nama, dan jangan lupagunakan slot yang kosong (saya pilih 3 misalnya). Selanjutnya pilih module output misalnya pakai 1756-OB16D untuk slot kosong selanjutnya

8.    Selanjutnya double klik MainRoutine, dan buatlah program sederhana sebagai contoh.

9.    Lalu coba di download, pada awal-awal klik menu communications, Who Active, dan browse sampai Controller (Emulator) ketemu, dan klik download.

10.    Nah, anda sudah bisa menggunakan Program yang telah anda buat, tentu saja dengan memanfaatkan I/O Forcing atau toggle bit untuk memberikan inputan pada program tersebut.

12 thoughts on “Menggunakan RSLogix 5000, RSLinx, dan RSLogix 5000 Emulate untuk Simulasi Program

  1. Mas aan.. salam kenal nama saya iwan… ada hal yg mo ditanyakan nih… Untuk input dan outputnya apa memang standart penulisannya demikian (lokal 3: data 0).. karena bila dibandingkan dengan type plc sebelumnya (PLC 5) jauh lebih simple. artinya untuk input cukup ketik i… dan output 0…

    • salam kenal juga..
      untuk RSLogix5000 hardware yang digunakan compactlogix dan controllogix memang standardnya seperti itu. Kalau untuk PLC5, SLC dan tipe dibawahnya menggunakan i.. o..
      Masalah simpel atau tidak, justru sebenarnya lebih simpel pengalamatan yang baru, yang paling penting adalah I/O sudah terkonfigurasi di program RSLogix5000 Mas Iwan. Untuk software yang baru biasanya menggunakan Alias untuk pengalamatannya. Ya mungkin harus terbiasa terlebih dahulu.

  2. mas salam kenal,…
    sy arif,. mw belajar lebih banyak nih,.. tolongin donk,.. dtmpt sy kerja pake Rs logix 5000,. sy dsuruh mengoperaxikan tapi sy blum bisa menggunakan dengan baik,. termasuk factory talk view,. dan program lainnya,..

  3. thanks maz Aan,, saya lg cari software rslogic 5000,,,kira2 ada yg mau menyewakan nggak ya,,,klo bli terlalu mahal,,,

    • Pak Budi,

      untuk software tersebut agak susah memang, selain mahal, juga harus ada file aktivasi-nya. Jadi, agak susah kalau cari yang free. Kalau yang disewakan saya kurang tau Pak. Tapi seingat saya Software tsb bisa digunakan namun hanya untuk 7 hari apabila tanpa aktivasi dari Rockwell.

      Untuk software tsb sebenarnya ada beberapa versi, baik yang lite, full, maupun professional, tentu saja dengan fasilitas yang berbeda-beda. Mungkin bisa disesuaikan harganya Pak.

      Mengenai komersil bapak bisa tanyakan ke kawan saya sales Transavia (vendor Allen Bradley di Indonesia): Rizky (rizqy@transaviaotomasi.com)

      Regards,
      Aan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s