Programmable Logic Controllers

Apa itu PLC? PLC (Programmable Logic Controllers) adalah komputer khusus yang digunakan untuk mengendalikan mesin atau proses dalam suatu industri. PLC menggunakan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi dan melaksanakan fungsi tertentu yang mencakup kontrol on/off (diskrit), timer, counter, sequencing, aritmatika, dan penanganan data.

Kenapa disebut komputer khusus? Hal tersebut karena cara kerja PLC agak mirip dengan komputer dimana ada bagian-bagian yang berfungsi sebagai CPU, input/output, power supply, dsb. Perbedaannya adalah PLC didesain untuk digunakan pada kontrol mesin atau lingkungan industri, antarmuka input/output dan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

PLC sebenanrnya digunakan untuk menggantikan relay logic, namun dengan fungsi yang jauh lebih mumpuni. Tidak hanya bekerja seperti relay yang hanya on/off, namun sudah menjangkau berbagai aplikasi counting, calculating, comparing, dan proses sinyal analog. Selain itu PLC mengurangi secara signifikan pengkabelan yang banyak dan cukup rumit seperti pada relay konvensional. Intinya pada PLC semua jadi tampak lebih SEDERHANA, EFEKTIF, dan EFISIEN.

8 thoughts on “Programmable Logic Controllers

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s