MTT Muhammadiyah: Hukum Merokok Haram

Akhirnya, Majlis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah mengeluarkan fatwa haram merokok. Prof. Dr. Syamsul Anwar menjelaskan bahwa keputusan tersebut telah ditelaah dan diteliti baik secara ilmiah maupun dari sudut pandang Agama. “Dari sisi agama sesuatu yang membahayakan itu dilarang, sehingga ada keselarasan antara ketentuan agama dan fakta ilmiah” terangnya. “Berdasar hasil kajian dari ahli medis dan akademisi, semuanya sepakat bahwa rokok adalah sesuatu yang membahayakan karena mengandung zat aditif dan zat berbahaya lainnya, mengandung 4000 zat kimia, dimana 69 diantaranya adalah karsinogenik atau pencetus kanker” terangnya. Selain itu juga menjadi penyebab timbulnya penyakit sosial yang harus segera ditanggulangi.

Menurut Prof. Dr.Syamsul Anwar rokok termasuk haram dengan alasan merupakan barang yang banyak mengandung bahaya pada kesehatan bagi perokok maupun orang lain yang terkena paparan asap rokok dan termasuk kategori al-khaba’is (barang buruk/ kotor) yang dilarang dalam Al-Qur’an menurut surat An-Nisa’ ayat 29 “Jangan kamu membunuh dirimu sendiri…” dan surat Al-Isra’ ayat 26-27 “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros (26)” dan “Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”.

Sebelumnya Muhammadiya memang memfatwakan bahwa rokok itu Mubah. Namun karena banyak hal negati yang dikandungnya baik dari segi kesehatan, ekonomi, kemiskinan, dsb. Paling tidak fatwa ini merupakan lompatan jauh untuk ormas Islam di Indonesia, dan merupakan suatu keberanian yang luar biasa. Mudah-mudahan bisa diikuti oleh ormas-ormas Islam lainnya.

download draft fatwa

17 thoughts on “MTT Muhammadiyah: Hukum Merokok Haram

  1. Kenikmatan yang melimpah ruah. Kesenangan yang membuat semua terperangah. Itulah kehidupan surgawi yang tak tertandingi oleh kemewahan duniawi. Adam, nenek moyang manusia, dan Hawa , ibunda segala bangsa di dunia, apa saja yang menjadi keinginan keduanya Allah kabulkan untuk dinikmati, kenikmatan tak terperikan, tak terjangkau oleh ingatan. Tetapi ada satu syarat : ” Jangan kalian dekati Pohon Khuldi, apalagi mencoba mencicipi buahnya terlebih memakannya. Itu pantangannya.

    ” Dan Kami berfirman, ” Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik yang mana saja kalian sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang Zalim” ( QS Al-Baqarah : 35 ) baca selengkapnya di :
    http://sentradakwah-hidayatullah.blogspot.com/

  2. rokok memang banyak merusak daripada membangun. Uang dari rokok mestinya termasuk uang panas juga tuh termasuk uang cukai buat bayar PNS he he

  3. menurut sy sihhhhhhhhh itu shrsnya dari awal, dan jgn sllu mngambil cth dari neg asteng yg lainnya. krn. krn neg asteng rakyatnya smua pd dsiplin gag sep neg kt ini dan 1 lg kt ini bnr2 hrs mempnyai PEMIMPIN neg yg sep neg asteng yg lainnya. urusan dlm neg sdrinya blm bs bres2 gmana dgn yg lainnya pula yachhhhhhhhhhhhh capek dehhhhhhhhhhhhhhhhh.

  4. jika semua zat kimia yang terkandung dalam rokok disatukan, maka itu sangat bermanfaat, betulkan???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s