Fisika Teknik ITB dan PLC

Kawan-kawan di jurusan teknik elektro, teknik mesin, teknik industri, mekatronik, dan tenik fisika tidaklah asing dengan barang yang namanya PLC. PLC (Programmable Logic Controller) merupakan suatu alat yang secara mendasar bekerja seperti PC (Personal Computer) namun lebih ditujukan sebagai pengontrol di lingkungan industri manufaktur maupun industri proses. Selain itu juga memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Kebetulan sekali jurusan saya (TF-ITB) hampir setiap tahun melaksanakan lomba PLC tingkat nasional. Lomba di tahun pertama diikuti sekitar 60 tim dari berbagai kampus, lalu tahun 2008 diikuti sekitar 120 tim, dan yang terakhir 2010 (berakhir hari ini 24 Februari 2010) diikuti sekitar 220 tim. Antusias peserta sangat luar biasa, dapat dilihat tiap diadakan jumlah peserta naik 2 kali lipat. Namun mirisnya di 2 tahun mengadakan lomba, FT-ITB tidak mampu bersaing dengan kampus lain.

Pada akhirnya lomba PLC Nasional 2010 dimenangkan oleh tim dari TF-ITB. Prestasi yang cukup membanggakan. Mudah-mudahan FT-ITB kedepannya tetap menjadi jawara PLC Nasional dan mampu menunjukkan bahwa FT-ITB adalah jagoannya dalam menguasai teknologi kontrol industri terutama PLC dan DCS. Bukan lagi menjadi program studi nomor dua di kampus-kampus besar.

Di acara tersebut, saya diberi kesempatan oleh Pak Endra (dosen pembimbing saya sekaligus ketua panitia lomba PLC) untuk memberikan workshop tentang “Optimal Traffic Management for Train Signalling System”. Dengan pede, namun tidak mendalam (menurut saya) saya menjelaskan apa yang saya kerjakan selama melaksanakan final project setahun ini di depan sekitar beberapa ratus orang peserta lomba.

Sekalian juga menjaga stand lab saya (PLC Research and Training) menjelaskan berbagai alat-alat yang ada di lab dan tugas akhir yang saya buat. Ada tangan robot yang dikontrol lewat suara, ada motor DC, koleksi PLC Twido dan Siemens, dll.

Setelah semua selesai.. saya akhirnya melanjutkan aktivitas “ngedraft” tugas akhir saya..

mohon doanya mudah-mudahan diberi kemudahan dalam menyelesaikan dan diberi kemudahan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan saat sidang..🙂

6 thoughts on “Fisika Teknik ITB dan PLC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s