Menciptakan Hentakan-Hentakan dalam Kehidupan

Salah satu ciri-ciri seseorang yang memiliki cita-cita besar, mimpi-mimpi besar, adalah orang yang menyukai tantangan. Orang-orang yang suka akan resiko, berani menciptakan hentakan-hentakan besar dalam hidupnya.

Rasulullah adalah contoh seorang manusia yang mampu menciptakan hentakan besar dalam hidupnya. Hentakan-hetakan itu semakin mengeras dan beresonansi sampai ke seluruh penjuru Arab hingga seluruh dunia. Hentakan hidup beliau sangatlah menyejarah hingga akhir dunia.

Para penemu ulung juga orang-orang yang berhasil menciptakan hentakan dalam hidupnya. Suara hentakan hidup mereka jauh lebih keras dari pada cacian, sikap meremehkan dari masyarakat yang skeptis akan cita-cita mereka.

Sekarang.. Bagaimana kita mampu menciptakan hentakan-hentakan hidup seperti mereka? Mungkin saya hanya bisa mencontohkan manusia-manusia besar seperti para nabi, bapak bangsa, penemu.. Daya tahan dalam menggapai mimpi merupakan salah satunya. Biasanya terlatih melalui kebiasaan-kebiasaan hidup yang positif atau suatu titik dimana kejadian tertentu yang mengubah drastis hidupnya.  Tekanan-tekanan merupakan hal yang biasa. Orang-orang besar itu seperti parfum, ia akan memberikan wanginya kepada orang-orang disekitarnya. Orang-orang itu juga bahkan tidak terlalu peduli dengan dirinya. Mereka lebih peduli terhadap keadaan disekitarnya, rangsangan-rangsangan untuk memberikan perubahan yang dianggapnya lebih positif. ya.. semangat untuk berkontribusi..

Mempelajari biografi tokoh-tokoh besar merupakan salah satu upaya untuk mencari model hidup. Pelajari perjuangan mereka, bagaimana cara mereka menghadapi rintangan dalam kehidupannya, cara mereka mempertahankan idealismenya, dan tentu saja cara berpikirnya.

Sikap optimis sangat dibutuhkan untuk menciptakan hentakan-hentakan itu. Dari rasa optimis-lah bangsa-bangsa di dunia menggapai kemerdekaannya. Dari rasa optimis-lah bangsa-bangsa mampu keluar dari segala krisis. Bangsa kita sangatlah butuh sikap ini, memunculkan optimis berjamaah tidaklah mudah dibentuk dimana sebagian besar masyarakat sudah skeptis terhadap perbaikan, namun para pencipta hentakan lah yang akan membakar semangat masyarakat, yang merontokkan pagar ke-pesimisan, dan menjadikan bangsa ini kembali bermartabat di mata dunia dan di mata sang Pencipta.

(Tulisan-tulisan saya di blog ini memang masih prematur, tapi yang penting saya bersemagat untuk memberikan kontribusi untuk memperbaiki bangsa ini, membangun negri yang dilanda kesedihan ini..)

9 thoughts on “Menciptakan Hentakan-Hentakan dalam Kehidupan

  1. Yupies…
    penciptaan tantangan & optimis dalam menghadapinya
    merupakan seni dari hidup…
    so…
    jangan menyerah…
    jangan menyerah…
    jangan menyerah…
    ^_^

    • apa ya.. kalau yang indonesia kebanyakan pahlawan perjuangan gitu.. seperti Sukarno, Hatta, Ahmad Dahlan, dll..
      atau biografi kontemporer kayak Habibie, aa’ gym (terlepas setelah poligaminya ya), dll..
      Kalau yang dari luar itu Mahatma Gandhi bagus juga.. atau yang Hasan Al-Banna juga menarik..
      Saat ini aku baru membaca Ahmad Dahlan, Wahid Hasyim, Ki Hajar Dewantara, Tan Malaka,.. menyusul Sayyid Qutb, Natsir..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s