Mengenal Riset Operasi

Apa sih riset operasi atau operation research (OR) itu? Jawaban mudahnya adalah bagaimana merumuskan kejadian sehari-hari (baik ekonomi, sosial, engineering, dsb) ke dalam bentuk pemodelan matematis agar diperoleh solusi yang optimal. Mungkin banyak juga orang menyebutnya optimasi (optimization). Intinya dengan menggunakan OR maka kita dapat mendesain suatu sistem agar diperoleh hasil dengan ongkos yang lebih murah atau dengan profit yang lebih tinggi.

Sengaja atau tidak, sebenarnya setiap hari mungkin saja kita menerapkan OR. Contoh sederhana, misal Anda ingin ke pasar dari rumah. Ada beberapa angkutan kota yang melewati pasar yang ingin kita tuju. Pasti terpikir, bagaimana bisa ke pasar dengan cepat dan dengan biaya yang murah, pilih angkutan kota yang mana. Variabel (nilai-nilai yang tidak tetap, dalam hal ini bisa uang atau waktu) sangat diperhitungkan. Akhirnya kita akan memilih angkutan kota yang mana yang paling murah dan bisa menempuh ke pasar dengan waktu yang lebih singkat. Terbayang kan?

Asal mula OR ini sebenarnya di awali pada saat Perang Dunia II, dimana saat itu digunakan untuk kegiatan militer. Akibat terjadi perang, timbul suatu kebutuhan mendesak untuk mengalokasikan sumber daya-sumber daya langka ke berbagai operasi militer dan ke aktivitas-aktivitas di setiap operasi dengan cara yang efektif. Melalui penelitian-penelitian ini mereka mengetahui bagaimana mengatur konvoi dan operasi kapal selam dengan lebih baik, dan juga OR memegang peranan penting dalam kemenangan Pertempuran di Atlantik Utara.

Nah, mungkin dengan keberhasilan tersebut, terpikir juga bagaimana menerapkan OR di berbagai bidang. Sesudah perang diikuti kebangkitan industri, tentu saja karena permasalahan-permasalahan dan kompleksitas semakin rumit maka hal ini memancing berbagai pihak untuk menerapkan OR. Dan ternyata setelah OR diterapkan di berbagai bidang, hasil yang diperoleh sungguh luar biasa, banyak perusahaan-perusahaan besar dapat menghemat sampai jutaan bahkan miliaran dolar per tahunnya.

Di saat awal-awal perkembangannya, OR masih dirumuskan dan dihitung secara manual. Kita bisa bayangkan betapa rumitnya perumusan dan penghitungannya sehingga di butuhkan banyak ilmuwan. Namun, diikuti perkembangan teknologi terutama dibidang IT, maka saat ini penggunaan software-software sudah umum digunakan untuk menyelesaikan permasalahan OR, sehingga seseorang yang baru belajar pun sudah bisa menerapkan OR.

Bagaimana dengan di Indonesia ya? Apakah OR ini banyak diterapkan? Atau hanya menjadi kumpulan Tesis yang tersimpan di perpustakaan-perpustakaan. Saya akan mencari tahu dulu..🙂

3 thoughts on “Mengenal Riset Operasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s