Jenis-Jenis PLC Merek Allen Bradley

Salah satu merek PLC yang cukup terkenal adalah Allen Bradley. PLC ini merupakan merek asal Amerika Serikat yang cukup dikenal di berbagai dunia industri apalagi di dunia oil and gas. Di Indonesia sendiri PLC dengan brand Allen Bradley sudah sangat dikenal baik di industri manufaktur, pertambangan, oil and gas, bahkan dunia kampus.

Berikut beberapa jenis PLC Allen Bradley:

1. PLC-5 (kode 1771/1785)

PLC-5 merupakan PLC keluaran Allen Bradley yang sudah ada sejak 1986, bahkan sampai saat ini masih ada beberapa persuahaan yang menggunakan PLC tersebut. Untuk saat ini produk tersebut jarang digunakan karena termasuk produk lama dan tidak diproduksi lagi (obselete), biasanya user akan lebih diarahkan menggunakan ControlLogix. I/O PLC-5 yang digunakan yaitu antara 512-3072 dan komunikasi yang digunakan antara lain DH+, ControlNet, dan Ethernet. Adapun software yang digunakan untuk mendesign,  mendownload dan mengupload program yaitu RSLogix5.

2. SLC500 (kode 1746)

SLC500 sudah tidak asing bagi para pengguna PLC. Produk keluaran 1991 tersebut memang banyak difokuskan untuk skala menengah. Pada tahun 1993 produk ini memulai penggunaan komunikasi ethernet TCP/IP yang saat ini sudah cukup umum digunakan. Controllernya ada beberapa macam yaitu SLC5/01 dengan port komunikasi DH485, SLC5/02 dengan port komunikasi DH485, SLC5/03 dengan port komunikasi DH485 dan RS232, SLC5/04 dengan port komunikasi DH+ dan RS232, SLC5/05 dengan port komunikasi Ethernet dan RS232. PLC jenis ini sudah memasuki silver series dimana sudah tidak diproduksi lagi. Jenis PLC yang setara dengan SLC500 adalah CompactLogix. Adapun software yang digunakan untuk mendesign, mendownload, dan mengupload program yaitu RSLogix500.

3. Micrologix

Micrologix merupakan salah satu jenis PLC mikro keluaran AB. Banyak digunakan untuk aplikasi seperti material handling, packaging, position control, dan lain-lain. software yang digunakan untuk mendesign, mendownload, dan mengupload program yaitu RSLogix500.

4. Compactlogix (kode 1769)

CompactLogix dirancang untuk memberikan solusi pada aplikasi kecil dan menengah (midrange). Biasanya, aplikasi ini digunakan untuk machine-level control. Software yang digunakan untuk mendesign, mendownload, dan mengupload program yaitu RSLogix5000.

5. ControlLogix (kode 1756)

Produk ini merupakan keluaran mutakhir dari Allen Bradley. Level penggunaannya bisa untuk industri yang menengah dan skala besar. Bahkan saat ini Rockwell Automation telah membuat sistem PlantPAX yang setara bahkan mampu menyaingi kehandalan DCS dengan menggunakan ControlLogix tersebut sebagai komponen penyusun utamanya. Software yang digunakan untuk mendesign, mendownload, dan mengupload program yaitu RSLogix5000.

6. Micro800 (kode 2080)

Merupakan salah satu PLC mikro keluaran Allen Bradley. Micro800 Family terdiri dari Micro810, Micro830, dan Micro850. Untuk versi Micro810 memiliki I/O sebanyak 12-26 points dan komunikasi menggunakan Serial RS232/458. versi Micro830 memiliki I/O sebanyak 10-48 points dan komunikasi menggunakan Serial RS232/458. versi Micro8500 memiliki I/O sebanyak 24-48 points dan komunikasi menggunakan Serial RS232/458 dan sudah dapat berkomunikasi dengan ethernet. PLC jenis ini digunakan untuk aplikasi yang sederhana misalnya untuk lampu lalu lintas, pengepakan barang, material handling, kontrol kompresor, solar panel positioning, heating and cooling control, dan elevator control. Software untuk produk ini yaitu Connected Components Workbench disediakan secara gratis oleh Rockwell Automation dan dapat di download di website mereka.

About these ads

One thought on “Jenis-Jenis PLC Merek Allen Bradley

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s