Fokus dalam Berbisnis

Fokus.. kata ampuh dalam berbagai bidang yang menyatakan keseriusan dalam menggapai sesuatu. Tertuju dengan jelas tanpa terganggu oleh berbagai godaan atau halangan. Kata fokus yang mengantarkan para pemimpin, entrepreneur, dan orang-orang bervisi lainnya menuju kesuksesan.

Saat masih kuliah pernah mendapat mata kuliah kapita selekta kebetulan yang mengisi adalah alumni Teknik Fisika ITB angkatan ’89. Kebetulan membahas tentang dunia kewirausahaan, uniknya beliau fokus pada bisnis “kotor” (kata pak Rama Royani yang mengajak beliau) yaitu bisnis kambing.

Andria Fajria nama beliau pernah bercerita. Beliau pernah bertanya-tanya kepada Pak Rhenald Kasali kalau beliau punya beberapa bisnis namun tidak terlalu baik hasilnya. Kemudian pak Rhenal Kasali meganalogikan seperti pohon mangga. Bila Pohon mangga daunnya rimbun maka buahnya menjadi sedikit. So, kenapa tidak dipangkas saja daun-daunan itu agar lebih sedikit, dan ternyata buahnya menjadi banyak. Artinya kita harus fokus dalam terjun di dunia bisnis, terutama di awal-awal.

Orang-orang yang masuk dalam deretan orang terkaya di dunia merupakan orang-orang yang fokus. Bisa kita lihat seperti Bill Gates yang fokus dengan Microsoft-nya, Jeff Bezos pendiri Amazon.com, dan sederetan orang-orang beken lainnya.

So, bagi kawan-kawan yang masih dalam tahap belajar atau awal-awal berbisnis sepertinya lebih baik fokus dulu mengembangkan yang bisnis  dimiliki. Seberat apa pun memang begitu lah dunia entrepreneur, penuh dengan lika-liku, ketidakpastian, dan tentu saja resiko.

Salam Dahsyat buat sahabat-sahabat..

About these ads

3 thoughts on “Fokus dalam Berbisnis

  1. hai kk aan. udah lulus yak? bulan apa? s1 apa s2 sih? waduh maap, seprodi dan sekampung tapi ga banyak kenal.
    masih di bandung, omz (ft mode: on)? :D

    btw saya mau nanya nih berkenaan note ini. hehe, saya lagi belajar nge-entrepreneur. tapi sepertinya gak mungkin harus pol fokusnya.. pastilah terbagi, karena emang kan jobdesc saya disini adalah kuliah. nah, jadi definisi fokus disini yang seperti apa ya? masa’ ga ada koridornya sama sekali.. makasih kk aan. banzai!

    • yup baru lulus dik.. kebetulan saya lahir-sekolah smp di balikpapan..
      ya lagi di bandung..

      ada yg ekstrem: fokus kuliah ato bisnis.. salah satu dikorbankan..
      ada yg ga ekstrem: kuliah tetep, bisnis tetep jalan.. banyak kok kawan2 kita yg kuliah sambil bisnis, tapi biasanya kuliah agak lama lulusnya karena emang fokusnya terbagi..
      justru bagus pas kuliah bisa belajar trial error nya.. soalnya klo dah lulus bingung, salah ruginya minta ampun, gak ada beasiswa ortu lagi beda klo masih kul kan??

      thanks ya dah main kesini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s