Apokalips

Film-film Apocalypse sekarang sedang ramai-ramainya. Mulai kejadian bencana besar di bumi, zombie atau virus yang menyisakan sedikit manusia, perang nuklir yang menyisakan peradaban manusia yang mengenaskan, dll.

Kata ”apokalips” berasal dari istilah Yunani yang berarti ”membuka”, atau ”menyingkapkan”. Apa yang dibuka, atau disingkapkan, dalam Penyingkapan Alkitab? Apakah itu semata-mata berita malapetaka, pertanda adanya pemusnahan tanpa seorang pun yang selamat?

Terkadang secara usil saya juga berpikir bagaimana jika kita menjadi sisa-sisa sedikit manusia yang masih hidup. Pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari untuk bertahan hidup, dampak psikologisnya, lalu bagaimana dengan agama nantinya. Bagaimana di Indonesia. hehe..

Jenis-jenis film seperti The Postman, Waterworld, Virus, Zombieland, Resident Evil, The Road, 2012, The Book of Eli, The Day After Tomorrow, 28 Days/Weeks Later adalah beberapa film apokalips yang bisa dikatakan unik. Begitu juga beberapa komik seperti The Walking Dead, The 20th Century Boys, dll. Imajinasi yang digunakan tentang kehancuran dunia seolah-olah bisa saja terjadi. Baik karena ulah manusia maupun bencana alam murni.

Walau pun film-film ini terkesan sci-fi namun ada beberapa yang bisa dikatakan akan mungkin terjadi bila manusia berulah seperti sekarang. Proses pemanasan global,  makin mencairnya daerah kutub, bisa jadi disebabkan ulah manusia yang tidak berusaha menjaga kelestarian alam bumi. Atau perang antar peradaban yang tiada habisnya, yang bisa saja menyebabkan perang yang lebih besar dan mengakibatkan kerusakan di muka bumi.

Hmm.. mudah-mudahan semua hanya ada dalam film.

Gambar diambi disini

About these ads

One thought on “Apokalips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s